Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah

Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah ini dikembangkan dari Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Madrasah merupakan sekolah umum berciri khas agama Islam, hal ini berkonsekuensi apa yang diatur dalam panduan Kemendikbudristek berlaku juga di madrasah, namun dengan beberapa adaptasi disesuaikan dengan karakteristik, kekhasan dan kebutuhan madrasah. Nilai-nilai agama Islam diintegrasikan dalam penyusunan kurikulum untuk menumbuhkan jati diri dan kekhasan madrasah. Dengan demikian nilai-nilai agama menjadi warna dalam cara berpikir, bersikap dan bertindak ketika menyikapi situasi pendidikan dengan kebijakan dan praksis pendidikan di madrasah.

Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) ini memuat tentang; konsep kurikulum operasional madrasah, prinsip yang harus diperhatikan dalam proses pengembangan dan komponen-komponen kurikulum operasional madrasah yang harus dipenuhi. Ada 4 (empat) komponen kurikulum operasional untuk mengatur sistem pembelajaran yaitu; 1) Analisis karakteristik madrasah, 2) Penyusunan visi, misi dan tujuan Madrasah, 3) Pengorganisasian pembelajaran, dan 4) Perencanaan pembelajaran dan proses berpikir.

  1. Analisis Karakteristik/Kekhasan Madrasah
  2. Proses Berpikir untuk Menganalisis Karakteristik/Kekhasan madrasah dan Merumuskan Visi, Misi dan Tujuan
  3. Proses Berpikir untuk Menganalisis Karakteristik/Kekhasan dan Merumuskan Visi, Misi dan Tujuan (untuk MAK)
  4. Pilihan Analisis Karakteristik/Kekhasan Madrasah
  1. Visi, Misi dan Tujuan
  2. Merumuskan Tujuan
  3. Menyelaraskan Visi, Misi dan Tujuan Madrasah
  4. Pilihan Visi-Misi-Tujuan Madrasah
  1. Pengorganisasian Pembelajaran di Madrasah
  2. Menganalisis Kebutuhan untuk Mengorganisasi Pembelajaran
  3. Pendekatan Pembelajaran: Mata Pelajaran, Tematik, Integrasi/Kolaborasi dan Blok
  4. Pilihan dalam Mengorganisasi Pembelajaran
  5. Pilihan Pembelajaran Madrasah dalam Mengorganisasi Pembelajaran
  1. Perencanaan Pembelajaran
  2. Perencanaan Pembelajaran di Madrasah
  3. Proses Berpikir Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran

Panduan kurikulum pada madrasah ini juga sudah diadaptasi dengan prinsip inklusifitas dalam layanan pendidikan di madrasah. Hal ini sejalan dengan arah kebijakan pendidikan Islam inklusif yang komitmen memberikan layanan pendidikan tanpa diskriminasi dan setara untuk semua anak bangsa. Kurikulum Merdeka memberikan otonomi, kebebasan dan keluwesan kepada madrasah dalam mengatur praktik pendidikan, agar berani melakukan kreasi, inovasi dan terobosan dalam memajukan madrasah. Kehadiran panduan ini diharapkan dapat menginspirasi madrasah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Madrasah. Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah dapat dipelajari selengkapnya pada naskah berikut ini :

Scroll to Top